Jalan-Jalan ke Eropa, Belanja Oleh-Oleh di Mana?


              Rekomendasi saya: PRIMARK.
Menurut Mbah Google, PRIMARK adalah perusahaan retail asal Irlandia yang didirikan tahun 1969 oleh Arthur Ryan. PRIMARK hadir di berbagai negara di Eropa seperti Inggris, Belanda, Jerman, Spanyol, dll. Di sebuah negara bisa ada lebih dari satu toko PRIMARK. Kantor pusat di Dublin (Irlandia). Kalok Kawan CM melalak ke Eropa, kelen bakal sering melihat pemandangan orang-orang menenteng tas belanja gede berlogo PRIMARK. 
            Bagi saya, melalak berasa ada yang kurang tanpa belanja oleh-oleh. Pulang melalak, biasanya saya berbagi oleh-oleh kepada keluarga besar (kami kumpul sebulan sekali), tetangga, dan kawan-kawan medsos (giveaway). Hitung-hitung berbagi kebahagiaan.
Saya pernah menyambangi PRIMARK di Amsterdam (Belanda) dan London (Inggris). Gedungnya terdiri atas beberapa lantai. Lokasi bersih! Isinya produk-produk fesyen dan mekap yang cukup komplet dari mantel, celana, tas, sampai lipstik, parfum, dan manikur set. Buat anak-anak dan bayi ada. Mirip retail TRANSMART di Indonesia. Mariii diborong untuk oleh-oleh orang satu kampung. *keselek* 

HayaAliyaZaki-primark-london

primark-london
PRIMARK di London

Kenapa belanja oleh-oleh di PRIMARK?

1. harga murah!

            Harga mulai dari 1,5 pounds saja. Harga kaus 1,5 pounds, gantungan kunci 2 pounds, pouch mekap 3 pounds, 4 mini lipstik 4 pounds, parfum 75 ml 8 pounds, dll. Hemat!

2. banyak pilihan

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, produk-produk PRIMARK itu seputar fesyen dan mekap. Duh, awak paling ngiler nengok barang-barang Disney dan Harry Potter! Lucu-lucu! Kelen yang ngefans sama karakter ini, siap-siap kegirangan kalok main ke PRIMARK.
Pernah saya jumpa koleksi lipstik, eye shadow, dan parfum Marry Poppins dan Maleficent, yang satu warnanya ceria, yang satu warnanya creepy hi-hi. Shafiyya selalu memilih parfum Frozen mungil untuk oleh-oleh kawannya di sekolah. Teruuus, tempo hari di London rasanya saya pengin jejingkrakan waktu jumpa celana Friends! Ituuu … serial sitkom nan hits tahun 90-an. Alamak sampai sekarang saya masih nonton serial Friends di channel Warner TV ha-ha!
Butuh oleh-oleh yang khas? Kalok kelen belanja di PRIMARK Amsterdam, misalnya, ada kok gantungan kunci, kaus, hoodie, dll dengan gambar atau tulisan Amsterdam. Kalok kelen belanja di London, pun sama. Tinggal pilih buat dibongkooos. 

primark-london

primark-london

primark-london


primark-london

primark-london



primark-london

primark-london

primark-london

primark-london
Banyak pilihan!


3. kualitas oke

            Semua barang di PRIMARK dijamin orisinal no kw kw club. Di mana lagi bisa belanja barang ori dengan harga murah. Kalok kualitasnya cemana? Soal ini, kawan saya pernah cakap, “Mbak, lipstik PRIMARK yang oleh-oleh dari Mbak Haya itu bagus! Enak dipulas di bibir dan tak bergumpal. Saya pakai setiap hari, lo.” Waaah, senangnyo oleh-oleh dari kita bisa menyenangkan orang lain. Jadi pengin ngasih oleh-oleh lagi, kan. *eh*  
Menurut saya, kualitas barang-barang PRIMARK termasuk oke. So far belum ada yang mengecewakan. Hanya, jangan bandingkan kualitasnya dengan barang-barang branded ZARA atau H&M yang harganya muahaaal. Pastilah ada perbedaan. Tapi, sekali lagi, menurut saya, kualitas barang-barang di PRIMARK oke dan harganya LEBIH dari worth it.

4. antrean rapi

            Ini poin penting! Pengunjung PRIMARK kerap membludak, terutama saat weekend. Kebayang tak kalok antreannya bikin gondok (kesal), misal pengunjung pada nyalip antrean dan kasirnya cuek? Rasanya belanjaan pengin awak tarok saja dan tokonya ditinggal pergi. Betul?
Thank God di PRIMARK tak begitu. Kasirnya belasan orang dan pengunjung yang mau bayaran selalu antre rapi dari ujung ke ujung!

5. PRIMARK menghargai keberagaman

Saat memilih belanja barang-barang dari sebuah brand, apa yang kelen harapkan selain harga murah, kualitas bagus, bla bla bla itu? Saya pribadi senang memperhatikan pesan yang diusung oleh brand tersebut. Contoh, brand The Body Shop yang gencar menggaungkan pesan peduli lingkungan dan melawan animal testing. Ada sesuatu yang menyentuh sisi hati kita sebagai manusia. Demikian pulak PRIMARK.
Model-model PRIMARK bukan hanya bule berkulit putih berhidung mancung. Mereka pun memakai model berkulit gelap, bergigi ompong, bahkan anak-anak dengan vitiligo. Vitiligo adalah penyakit dengan bercak-bercak putih di kulit. Umumnya pengidapnya itu anak-anak. PRIMARK mencoba encourage anak-anak untuk tampil percaya diri apa pun kondisi tubuh mereka. So, belanja di PRIMARK bisa disebut sebagai salah satu bentuk support saya.

primark-london
Anak vitiligo model PRIMARK (credit: IG PRIMARK)

         Oiya, perlihatkan paspor saat bayaran dikasir supaya kelen dapat tax free. Ada yang dikembalikan tunai dan ada yang via kartu kredit. Ingat, kalok melalak di Eropa WAJIB ke mana-mana bawa paspor. Paspor = nyawa. Satu lagi, belanja sesuai isi kantong, yo. Jangan sampai berangkatnya bahagia, pulangnya banjir airmata.
Sebelum ke PRIMARK, perhatikan waktu buka tokonya. Kalok weekend, toko tutup lebih cepat, sekitar pukul 17.00 atau 18.00 sudah tutup. Nah, Kawan CM ada yang pernah belanja di PRIMARK? Barang apa yang paling kelen suka? Share di sini, yok! Bagi kelen yang belum ada rencana melalak ke Eropa, kabarnya barang-barang PRIMARK dijual online. Sila dicek sendiri di web situs resmi PRIMARK atau online shop tepercaya. [] Haya Aliya Zaki

2 Comments "Jalan-Jalan ke Eropa, Belanja Oleh-Oleh di Mana?"

  1. Mba olenka yang skr ini sdg di Inggris tinggalnya, lg ngadain jastip barang2 primark. dan aku nitip parfum :D. blm dtg sih. jd ga sabar pgn cepet trima deh tuh parfumnya.

    Ini bakal aku jd in referensi kalo ntr ke inggris/eropa mba. bakal belanja di sini :D. lumayan banget bikin jastipan ato beliin oleh2 temen di sini aja.. itu brg2 harrypotter udh pasti bakal bikin temenku yg penggila harpot bakal seneng banget sih

    ReplyDelete
  2. makasih infonya siapa tahu bisa jalan2 ke sana

    ReplyDelete

Mauliate komentarnya, yo. Mohon untuk tak mengambil tulisan dan foto tanpa izin, kecuali kalok kelen pengin badan kelen dicincang buat umpan ikan di sungai.