Sedapnya Sayur Terong!


            Siapa di sini yang hobi makan sayuuur? Aaah, berbahagialah yang hobi makan sayur karena sayur gudangnya vitamin dan mineral. Dulu anak-anak kurang suka karena saya sendiri sebetulnya agak jarang makan sayur huhu. Tapi, sekarang saya sudah insyaf kok, Kawan CM. Jangan sampai dewasa nanti anak-anak mengikuti jejak saya yang cuma hobi makan tiga macam sayur di dunia, yakni sayur sop, sayur bayam, dan sayur asem.
            Kenapa anak-anak kurang suka makan sayur? Alasannya, sayur PAHIT. Berdasarkan riset, sekitar 93% anak di bawah usia 10 tahun kurang mengonsumsi sayur. Selain karena salah mengolah sayur, kurangnya konsumsi sayur jugak disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat akan pentingnya makanan ini.
Saya mencoba mencari sayur lain yang bisa diolah, salah satunya TERONG. Psssttt ... meskipun terong sering dimasak jadi sayur, sebetulnya terong termasuk golongan buah-buahan, tepatnya buah-buahan yang berasal dari India. Terong masih sahabat dekat tomat. Bagi saya pribadi, terong itu sayur sejati. Soalnya tak mungkin saya makan terong seperti cara saya makan apel atau jeruk, Saudara-saudara.
Terong mudah didapat dan harganya cukup murah. *teteuuup ya omak-omak hihi* Seratnya tinggi. Serat yang terdapat di dalam 100 gram terong setara dengan serat di dalam 1 apel atau 1 jeruk. Manfaatnya pulak banyak. Terong bisa menghaluskan kulit, melancarkan pencernaan, menjaga kadar gula darah, menurunkan tekanan darah (bagi yang hipertensi), mengontrol kolesterol jahat, dan melindungi tubuh dari radikal bebas. (Halodoc, 2018). 

Tip memilih terong: terong yang bagus itu yang berwarna ungu pekat (tak pudar), berkulit halus, dan bertekstur padat. Jangan membeli terong yang sudah lembek.

            Tak semua orang suka makan terong karena rasanya yang pahit. Mau tak mau hal ini mesti disiasati. Bosanlah kalok resepnya balado terong terus yekhaan. Jangan pernah lelah mengubek-ubek resep karena kalok ternyata resepnya cocok di lidah klen sekeluarga (terutama anak-anak), sesungguhnya klen adalah pemenang yang nyata. Halah. Etapi betul lho ini. Anak-anak yang lahap makan dan bertubuh sehat pastilah jadi dambaan setiap orangtua. 
Oke, sekarang saya mau membagi 2 resep masakan berbahan terong ke Kawan CM. Satu resep terong berkuah dan satu lagi resep terong kering.

1. sayur terong tempe

Bumbu yang ditumis
- 6 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 10 cabai merah dan hijau

Bahan yang dicampur
- 100 gram tempe dipotong kotak
- 2 sdm udang rebon
- 800 ml santan
- ½ sdm gula merah
- 3 sdt Masako Bumbu Ekstrak Daging Sapi
- garam secukupnya
- 2 lembar daun salam
- 1 buku jari lengkuas

Cara membuat
- panaskan minyak dan tumis bawang + cabai merah + cabai hijau sampai harum
- masukkan tempe dan rebon
- tuang santan
- tambahkan gula merah
- tambahkan Masako Bumbu Ekstrak Daging Sapi
- masukkan daun salam
- masukkan lengkuas
- masukkan terong
- aduk sampai matang dan sajikan.

            Simpel kan resepnya? Tinggal cemplung semua. Harumnyaaa sayur terong tempe ini menggugah selera nian! Kelihatannya cabainya ramai, tapi rasanya tak pedas ternyata. Gurih lomak mantap! Anak-anak bisa makan. Bagi yang suka pedas boleh tambah sambal.
Resep sayur terong tempe nyontek dari Mbak Diah Didi, food blogger beken asal Semarang. Setelah dicoba, alhamdulillah klop. Sebetulnya Mbak Diah Didi memakai terong hijau, tapi di sini tak ada yang jual. It’s okay, terong ungu unyu unyu pun sodap rasanyo. Silakan Kawan CM kreasikan sendiri, apakah mau ditambah sayuran lain, dimasukkan ayam, silakan. 

bahan-sayur-terong
Bahan-bahan sayur terong tempe

masako-ekstrak-daging-sapi
Masako Ekstrak Daging Sapi

sayur-terong-tempe
Sayur terong tempe

Demi melezatkan kedua masakan berbahan terong ini, saya menambahkan bumbu penyedap masak, Masako Bumbu Ekstrak Daging Sapi.

Kini Masako hadir dengan racikan baru. Ekstrak daging sapinya 3 kali lebih banyak dibandingkan produk lain. Masako terbuat dari daging asli pilihan dan bahan-bahan berkualitas lainnya. Gurihnya pas! Fyi, ekstrak daging adalah daging yang telah dimasak dan digiling untuk diambil sarinya. Seperti ituh.

Saya baru tahu, ternyata Masako diproduksi di pabrik sendiri, pabrik yang pertama dan satu-satunya di dunia yang memperlihatkan proses produksi Masako yang terbuat dari daging asli. Jadi bukan kombur kombur molotup, yo. Selain Masako Bumbu Ekstrak Daging Sapi, ada jugak Masako Bumbu Ekstrak Daging Ayam. Ekstrak daging ayamnya 28 kali lebih banyak dibandingkan produk lain. Wow! Kapan-kapan saya mau coba, ah.
           

2. terong goreng tepung


terong dipotong kotak

Bumbu yang dihaluskan
- 4 siung bawang putih
- ½  sdm garam
- ½ sdm merica bubuk
- 1 sdt Masako Bumbu Ekstrak Daging Sapi

Bahan tepung
- 4 sdm tepung terigu
- 1 ½ sdm tepung beras
- ½ sdm maizena
- air secukupnya

Pemanis
- 1 lembar selada
- 2 tangkai seledri
- 2 daun bawang

Cara membuat
- campur semua jenis tepung dan aduk rata
- giling bawang putih dan garam sampai halus
- bawang putih dan garam yang telah halus dicampur dengan tepung
- tambahkan merica bubuk
- tambahkan air putih sikit-sikit sambil diaduk supaya adonan tepung tak menggumpal
- tambahkan irisan daun seledri dan daun bawang
- masukkan terong ke adonan
- panaskan minyak dan goreng terong sampai berwarna kecokelatan
- angkat terong dan tiriskan minyak.   

terong-goreng-tepung
Terong goreng tepung

            Resep kedua nyontek dari Mbak Arta Desy di Cookpad. Terong goreng tepung enak jugak jadi camilan. Anak-anak saya suka! Omak-omak yang merasa tak jago masak, jangan gundah gulana. Di belakang kemasan Masako tertera resep berbahan dasar aneka sayuran yang bisa kita coba. Saya mendukung kampanye Ayo Makan Sayur! dari Masako mengingat begitu buaaanyaknya manfaat sayur untuk tubuh kita. Oiya, jangan khawatir soal kehalalan karena Masako sudah mendapat sertifikat HALAL dari MUI.     

ayo-makan-sayur
Ayo Makan Sayur!

Well, selamat mencoba! Adakah tip dan trik Kawan CM supaya anak-anak mau makan sayur? Oiya, klen suka makan terong jugak tak? Tukaran resep kita, yok! [] Haya Aliya Zaki

5 Comments "Sedapnya Sayur Terong! "

  1. Liat terong jadi inget dengan almarhumah mama, Mba. Mama doyan banget terong. Mo diapain aja, beliau suka, digulai, goreng balado, atau dibikin sayur :)

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen pulang ke rumah. Mamah saya termasuk yang paling sering masak terong. Enak-enak pula masakannya

    ReplyDelete
  3. Suamiku doyan banget terong mba, Asyik dapet tips milih terong yang bener, pokoknya warnanya ungu cantik ya

    ReplyDelete
  4. Ooh yg gorengan itu kukira ote2 ternyata terong goreng. Mau bikin juga ah kapan-kapan, siapa tau anakku yg tdk mau terong bakal suka klo digoreng seperti ini. Aaaah enak semua nih masakannya, apalagi pakai masako Sedap!

    ReplyDelete
  5. Aku suka banget terong goreng tepung. Anak2 juga jadi doyan terong kalau digoreng tepung begini.

    ReplyDelete

Mauliate komentarnya, yo. Mohon untuk tak mengambil tulisan dan foto tanpa izin, kecuali kalok kelen pengin badan kelen dicincang buat umpan ikan di sungai.