Kenalan dengan Aneka Tokoh Dunia di Madame Tussauds Singapore


Mungkin sebagian besar pembaca blog Cerita Melalak sudah pernah mendengar tentang Madame Tussauds, museum lilin yang terkenal-nal-nal-nal. Di sinilah tempat ratusan patung lilin tokoh dari berbagai belahan dunia berada. Sekilas info, museum lilin ini didirikan oleh pematung lilin bernama Madame Anna Maria “Marie” Tussaud, seorang seniman yang lahir di Perancis lebih dari dua abad lalu. Madame Tussauds pertama kali hadir di London, Inggris. Hingga kini, cabangnya sudah tersebar di 24 kota di berbagai negara di dunia.
Saya paling mupeng jumpa patung lilin Michael Jackson (sejak SD saya menyanyikan lagu-lagunya), Johnny Depp, dan Jackie Chan. Mereka punya talenta keren di bidangnya masing-masing.
Selain itu, saya punya misi lain datang ke Madame Tussauds. Madame Tussauds merupakan tempat yang cocok untuk mengenalkan aneka tokoh dunia dan jasa-jasa mereka kepada anak-anak.
Waktu saya ceritakan tentang Madame Tussauds, anak-anak sama antusiasnya. “Aku pengin jumpa Ariana Grande, Mi!” seru Shafiyya. *jiaaa* Sulthan tak sabar pengin jumpa Thor. Faruq? “Siapa pun jadilah, Mi!” katanya ketawa.  
Pucuk dicinta nasi ulam pun tiba. Bulan Agustus 2018 lalu kami punya rezeki liburan ke Singapura dan alhamdulillah ada Madame Tussauds kan di sana. #Okesip, Madame Tussauds Singapore here we go!
Madame Tussauds Singapore resmi hadir pada tahun 2014 dan merupakan cabang Madame Tussauds yang ketujuh. Pas hari H, pukul 16.00 kami naik Singapore Cable Car dan turun di Imbiah Lookout Station. Jalan kaki sikit, sampai di Madame Tussauds Singapore. Hmmm, honestly, penampakan bangunan putih Madame Tussauds dari luar agak di bawah ekspektasi saya. Kurang fancy, secara di dalamnya berkumpul jamaah patung lilin orang top. Tapi, justru inilah yang membuat rasa penasaran saya bertambah. Macam manakah isi di dalam gedungnya??? Jeng jeng jeng. 

pintu-masuk

Madame Tussauds Singapore


Online ticket ditukar dengan tiket fisik

Btw, saya sengaja membeli tiket paket Madame Tussauds + IOS LIVE + Boat Ride + Marvel 4D. Anak-anak ngefans sama karakter di Marvel Universe. So, I hope, they can have more fun there!
Sebelum masuk ke lokasi Madame Tussauds, kami melihat-lihat Images of Singapore LIVE (IOS LIVE). IOS LIVE adalah galeri interaktif tentang sejarah Singapura. Bisa disebut museum, tapi formatnya menarik. Banyak diorama bersetting jadoel. Terus, kami naik perahu (boat ride) sebentar. Cuci mata kanan kiri memantau replika pemandangan Singapura. Selesai melihat-lihat IOS LIVE dan ikut boat ride, kami masuk ke lokasi Madame Tussauds. Terakhir nonton Marvel 4D. Fyi, IOS LIVE, boat ride, lokasi Madame Tussauds, dan nonton Marvel 4D itu di dalam satu gedung putih itu.  
Di postingan ini saya akan bercerita tentang pengalaman main ke Madame Tussauds saja, oke. Begitu masuk, saya langsung jumpa patung lilin Pak Presiden Soekarno. Terharuuu! Patung lilin beliau ditempatkan paling depan. Cepat-cepat saya bergaya dan minta suami motret. Ingat dahulu kala, abah saya sering cerita tentang presiden Indonesia yang pertama ini hihi. Pidato-pidatonya selalu membakar semangat!
Entah kenapa jantung dag dig dug der saat bersirobok mata dengan macam-macam patung lilin di sana. Cieee. Berasa ketemu orangnya asli. Soalnya, MIRIIIP … nian, Saudara-saudara! Gurat wajah, anak rambut, garis tangan, semua!
You know what, saking senang dan keponya, saya berdiri luaaama di depan patung lilin Michael Jackson, memperhatikan setiap detail penampilannya bahkan meraba fisiknya dengan perasaan takjub!
Kami sekeluarga menyerbu patung lilin tokoh dunia dengan riang gembira. Berfoto dengan para pesohor seperti presiden, pejuang kemanusiaan, artis, atlet, dll, belum pernah semudah ini! Ada Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew, Mahatma Gandhi, Barack Obama, David Beckham, Oprah Winfrey, Brad Pitt, Michael Jackson (YASSS!!!), Johnny Depp (YASSS YASSS YASSS!!!), Nicole Kidman (ternyata tinggi nian!), dan maaasih banyak lagi! Eh, ada Pak Presiden Jokowi jugak! Bintang-bintang K-Pop jugak! Senangnya, disediakan tablet yang bisa kita swipe swipe untuk membaca kisah hidup tokoh.    
Zona yang agak creepy itu waktu melewati patung lilin Madame Tussauds sedang membungkus kepala orang yang berdarah-darah. Hiiiy! Info dari Wikipedia, selama Revolusi Perancis, Madame Tussaud membuat penutup wajah jenazah dari para tokoh yang menjadi korban perang. Dia rela mencari kepala-kepala yang terputus di tengah timbunan jenazah supaya bisa menyelesaikan membuat penutup wajah jenazah dengan sempurna.  

Silakan dimulai pidatonya, Pak *sikut*

*salim*


oprah-winfrey
Maaf Kak Oprah, sekali nanya bayar cepek, yo


arnold
Nak, kamu tahu yang di sebelahmu itu siapa, kan?


bruce-lee
Suami udah cocok jadi figuran belom?

jokowi
Kerja kerja kerja!

leonardo-di-caprio
You jump, I don't wanna jump *TItanic salah skrip*

Thor
Boleh pinjam palu-nya?

johnny-depp
Pangkas yok udah gondrong


elvis-presley
Love me tender ....


Asyik sarapan bareng

tom-cruise
Ternyata bukan mission impossible untuk jumpa sama abang satu ini


Tak ada Ariana Grande, Taylor Swift pun jadi

jackie-chan
Huaaa ... cuma ada cap tangannya! :((

jacko
Maafkan kenorakan Ummi


Bisa baca histori tokoh di sini tinggal swipe swipe

madame-tussauds
Creepyyy

      Tip berfoto di Madame Tussauds: pakai baju yang eye catchy dan … bersolek (dandan)! *biar tak kebanting kali awak sama patung lilin yang cantik + ganteng di sana* LOL 


Tahukah kalian?
            Bergaya sudah, foto-foto sudah, tentu tak lengkap rasanya kalok awak tak paham cemana seluk beluk patung lilin dibuat. Berikut saya rangkum infonya berdasarkan penjelasan yang saya dapat langsung dari Madame Tussauds Singapore. Lanjooottt! 

Pewarnaan
            Tim Madame Tussauds membutuhkan waktu sekitar 2 hari lebih untuk mewarnai bagian kepala saja. Bagian wajah diwarnai pakai cat minyak supaya kulit wajah tampak bercahaya dan mendekati aslinya. Ada sekitar 20 warna palet dipakai untuk mengkreasikan skin tones patung lilin, lho. Pastinya cukup rumit. Warna kulit manusia kan bukan cuma hitam dan putih. Ciri khusus seperti freckles dan wrinkles tak ketinggalan dilukis, jika ada. Tato dibuat secermat mungkin dengan hand painted, bukan asal cetak. 

michael-jackson
Lihat kulitnya!

Penanaman rambut
            Jarum khusus untuk menanam rambut (termasuk alis mata) di kepala patung lilin, namanya forked needle. Sila di-googling, bentuknya jarum garpu gitu. Penanaman rambut selesai sekitar hampir 6 hari. Setelah itu, rambut dicuci, dipotong, dan diatur modelnya. Saya kurang tahu bahan rambutnya, apakah rambut asli atau artifisial. Oiya, rambut patung lilin rutin dikeramas biar tak bauk apak, persis rambut kitalah kudu rutin dikeramas. Tapi, kalok rambut patung lilin ketombean, kutuan, atau eksim kayaknya impossible.        
Pengerjaan kepala patung lilin seperti pewarnaan kulit, pembuatan freckles wrinkles, penanaman rambut, dll, memakan waktu total 5 minggu.

Pembuatan mata dan gigi
            Mata dibuat dari bahan resin akrilik. Every tiny detail is duplicated! Iris mata (bagian mata yang memiliki pigmen warna) dicat dengan cat gouache (baca: gwosh). Cat gouache berbeda dengan cat air biasa, semacam campuran antara cat air dan kapur. Teksturnya jauh lebih tebal daripada cat air. Pembuluh darah mata (di bagian putih mata) dibuat dari benang sutera halus. Pengerjaan sepasang mata butuh waktu sekitar setengah hari lebih. Sementara itu, gigi dibuat dari bahan dental akrilik. Pengerjaan gigi (dan pewarnaannya) butuh waktu sekitar satu hari lebih.   

jacko
Mirip!
  
Pemilihan wardrobe
Sebagian besar tokoh menyumbangkan pakaian pribadi mereka untuk dikenakan oleh patung lilin mereka sendiri. Kalok pakaian tak tersedia, tim Madame Tussauds akan riset mencari wardrobe yang betul-betul mirip dan otentik untuk dikenakan patung lilin. Jadi, pemilihan wardrobe pun harus hati-hati, yo. Wardrobe patung lilin tokoh A di Madame Tussauds Singapore dan di Madame Tussauds di negara lain, misalnya, bisa saja berbeda dari sisi bentuk, motif, dan warna.   
Sayangnya, patung lilin Jackie Chan tak adooo huhuhu. Awak hanya bisa melihat telapak tangannya saja. Why oh why? Kabarnya patung lilin Jackie Chan sedang dalam maintenance. Meanwhile, ada zona khusus didedikasikan untuk banyak bintang film Bollywood acha acha acha. Patung lilin bintang film India nan fenomenal Kuch Kuch Hota Hai, Shah Rukh Khan dan Kajol langsung tertangkap mata saya! Psssttt, jangan bilang-bilang, saya lupa berfoto sama Pak Lee Kuan Yew. Jalan-jalan ke Madame Tussauds Singapore, eh, malah lupa fotoan sama tokoh dari Singapura. Mudah-mudahan awak tak dikutuak jadi batu.   
  
Kajol
Tinggi hampir sama, tapiii tapiii ... ah, entahlah ....

Pfiuuuh … sekarang kebayang betapa luar biasanya pekerjaan tim Madame Tussauds! Terima kasih, Madame! Museum lilin yang dikau bangun jadi hiburan dan sumber ilmu pengetahuan. Anak-anak senang bergaya dan mencari tahu di balik cerita para tokoh di sana. Jasa-jasa para tokoh dunia sumber inspirasi mereka. Next pleeeease adain patung lilin Pak B. J. Habibie dan Jackie Chan, idola saya! “Jangan lupa, Ariana Grande jugak, Mi!” rikues Shafiyya. *halah halah halah anak siapa ini*

oscar
Selesai foto-foto, kita bisa beli oleh-oleh ini di tokonya

Semoga kelak Madame Tussauds hadir di Indonesia. Setuju? Btw, apakah Kawan CM pernah main ke Madame Tussauds? Kalok punya kesempatan main ke sana, kelen paling pengin jumpa patung lilin siapa dan kenapa? Share, yok! [] Haya Aliya Zaki 


Madame Tussauds Singapore

Lokasi: 40 Imbiah Rd, Imbiah Lookout, Singapura

Jam buka: pukul 10.00-19.30

 Harga tiket online (harga tiket dewasa dan anak-anak sama)

- Madame Tussauds + IOS LIVE + Boat Ride =
Rp202.150,00 per orang

- Madame Tussauds + IOS LIVE + Boat Ride + Marvel 4D =
Rp258.437,00 per orang 


6 Comments "Kenalan dengan Aneka Tokoh Dunia di Madame Tussauds Singapore"

  1. Infonya detail kalilah. Wawancara pengurus museum ato riset inet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Infonya langsung dari Madame Tussauds Singapore, Nancy. Di ruangan ditempel kertas berisi info-info di atas dalam bahasa Inggris, terus aku translate sendiri. Rasanya kayak ada yang kurang kalok cuma foto-foto. Proses pembuatan patung lilinnya jugak menarik bagi aku.

      Delete
  2. wah seru juga mudh2an aku juga bisa ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok, main ke sini, Mbak. Beli tiket online lebih murah.

      Delete
  3. omak, inii detil banget ya bagusnya matanya, semuaaaa
    buatnya mesti nggak main2 deh.. haha itu omak deg2an walau bukan aslinyaa yaa, karena jelas cakeeep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaakkk detail kali pembuatan patung lilin mereka itu. Satu patung lilin berharga miliaran rupiah. Omak sampek degdegan soalnya mirip sama aslinyooo.

      Delete

Jadilah golongan orang-orang beruntung, yakni orang-orang yang komen sesudah membaca. #eaaakkk