Blogger Jalan-Jalan ke Pabrik Mitsubishi Motors Indonesia

Haiii ... kalok di postingan sebelumnya saya cerita tentang liburan ke Jepang, kali ini saya mau membahas sesuatu yang masih belum jauh-jauh dari Jepang, yakni tentang acara jalan-jalan kami para blogger ke pabrik perakitan Mitsubishi Motors, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di GIIC Deltamas, Bekasi, pada hari Kamis lalu (7/2).

Pabrik seluas 51 hektar ini diresmikan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo pada 25 April 2017. Rencana total produksi 60.000–240.000 unit per tahun.  Mitsubishi Motors merupakan perusahaan Jepang yang memproduksi kendaraan terutama mobil. Nah, MMKSI sendiri adalah distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia. 

Kabarnya, kendaraan Mitsubishi Motors udah eksis di Indonesia sejak 40 tahun lalu. Udah lama kali, yaaa. Istilahnya, udah jaminan mutu. Mitsubishi XPANDER (selanjutnya saya sebut “XPANDER”) laris manis di pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017. XPANDER mendapat peringkat bintang 4 dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP). Tahun 2017 menjadi tahun gemilang bagi Mitsubishi Motors di Indonesia. Bravo!

Blogger jalan-jalan ke pabrik Mitsubishi Motors Indonesia (credit: mobil123.com)

XPANDER nan laris manis  
“Penjualan XPANDER yang laris manis di luar ekspektasi kami. Terima kasih atas kepercayaan dan loyalitas konsumen Indonesia kepada produk kami,” kata Mr. Kyoya Kondo (President Director MMKSI). XPANDER dijual di Indonesia bulan September 2017. Tiga bulan pertama pesanan mencapai lebih dari 50.000 unit, padahal targetnya 3.000–4.000 unit per bulan. Tahun ini rencananya XPANDER akan dijual ke Filipina dan di beberapa negara ASEAN lainnya.  

Demi berusaha memenuhi pesanan konsumen Indonesia, MMKSI menambah shift produksi di pabrik perakitan. Mitsubishi Motors komit, XPANDER tak hanya jadi produk dengan penjualan terbaik melainkan jugak dipasarkan dalam jangka waktu yang lama.

XPANDER low MPV idola
Menurut saya, tak heran XPANDER jadi low MPV idola. Kapasitas mesin 1500 cc dengan 104 tenaga kuda. Desain cantik dan futuristik. Kabin senyap. Interior dalam lega, salah satunya karena bagian atap mengadopsi desain “floating roof”. Setir bisa dinaikkan, diturunkan, ditarik, dan didorong. Fitur keamanan tak perlu diragukan lagi. Di belakang ada tiga titik seat belt, bukan cuma dua.

“Omotenashi merupakan kelebihan utama dari XPANDER. Omotenashi dalam bahasa Jepang berarti keramahan untuk memuaskan tamu. Ada 19 titik tempat penyimpanan di dalam mobil. Pastinya keluarga Indonesia punya banyak kebutuhan, apalagi momen mudik. Bawa sepatu tak cukup satu, bawa tas tak cukup dua, bawa boneka tak cukup tiga, dst. Meski begitu, space kaki tetap luas. Filosofi omotenashi Jepang diterapkan untuk memuaskan keluarga Indonesia,” jelas Rifat Sungkar (Product Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia). XPANDER punya USB charging di depan, tengah, dan belakang. Usah khawatir ponsel lowbat. Daaan, info yang paling penting buat omak-omak adalah bahan bakarnya IRIT! :))))   

Filosofi omotenashi

Rifat Sungkar (Product Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia)

Kesimpulan, XPANDER diproduksi dengan menggunakan standar kualitas tinggi dan teknologi canggih. Soal teknologi, Jepang memang tak ada matinya, Kawan CM. Harga XPANDER lebih bersahabat dibandingkan mobil merek lain dengan model dan fitur yang sama. XPANDER Ultimate memiliki harga tertinggi Rp245.350.000,00.

Fasilitas yang ramah lingkungan
            MMKSI memproduksi XPANDER dan Pajero Sport. Fasilitas untuk memproduksi kedua item mobil ini diklaim udah ramah lingkungan. Air limbah didaur ulang untuk menghemat penggunaan air tanah. MMKSI jugak menggunakan air hujan dengan persentase daur ulang sekitar 70%, demikian kata Mr. Takao Kato (Director Non-Executif MMKSI). Sesuai dengan prinsip Mitsubishi Motors, yakni menghasilkan produk yang andal dan fasilitas yang ramah lingkungan.


Mr. Takao Kato (Director Non-Executive MMKSI)

Sesi test drive
Jreng jreng jreng setelah keliling pabrik, tibalah saatnya sesi test drive di track yang telah dirancang oleh tim Rifat Drive Labs. Tujuannya supaya kami merasakan sendiri selling point dari XPANDER. Kalok bahasa Bataknya, “Feeling is believing.” Rasakan dulu, baru percaya yekan. Apa? Saya yang nyopir? Tentu tidak! Saya kan hobinya melamun dan merangkai kata di jalan, cocoknya duduk manis jadi penumpang aja. LOL.

   Suspensi belakang XPANDER diambil dari sang legendaris, Mitsubishi Lancer Evolution. Kami nyoba melewati beberapa polisi tidur dan tak terasa cemana-cemana goncangannya di belakang. Betul kata Rifat, suspensinya empuk. Terus, nyobain remnya. Track diguyur air sabun supaya licin dan mobil direm tiba-tiba. Remnya mantap! Rem depan cakram dan rem belakang tromol. Terakhir, XPANDER dibawa zig zag. Allahu akbar, awak langsung mekik-mekik baca Yasin! Ih, memang dasarnya awak penakut, Mak! Mobil ngebut sikit aja, jantung pengin melorot. Padahal, kontrol mobil tetap stabil meskipun jalan zig zag, tak limbung kayak pengalaman naik mobil low MPV yang lain.

Mohon maaf saya tidak insert foto-foto kami di dalam pabrik karena mematuhi peraturan dari MMKSI. Yang pasti pabriknya bersih. Semua pegawai menaati safety induction. Makasih atas kesempatannya Komunitas Indonesia Social Blogpreneur (ISB) dan mobil123.com! Mobil123.com adalah portal otomotif nomor satu yang tepercaya, menghubungkan penjual dan pembeli kendaraan pada satu automotive journey (membeli-memiliki-menjual kendaraan). Kami jadi tahu lebih dalam tentang proses perakitan mobil Mitsubishi Motors dari tahap stamping, welding, painting, assembling, sampai vehicle inspection. Tak boleh sembarangan, apalagi yang menyangkut standar keselamatan sopir dan penumpang. So, next kita ke mana lagi, ya? :) [] Haya Aliya Zaki

22 Comments "Blogger Jalan-Jalan ke Pabrik Mitsubishi Motors Indonesia"

  1. Bahasanya jd asyik ya haha, aq jadi nambah kosa kata nih, inget lagi beberpa kata yg dulu pernah diomongin teman teman dari Medan.

    ReplyDelete
  2. Aku tuh dari dulu pengen punya mobil yang tinggi gede. Hahahaha. Gak sesuai ya sama penampilan. Kebanting >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mobil tinggi gede kelihatan gagah ya, Lia. Kalok selera mah hayuk aja. :D

      Delete
  3. jalan2 yg tak biasa, memnjajal mpv yg gagah menggoda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Rahab nyopir tak waktu itu? Mantap ya mobilnya. :D

      Delete
    2. pastiii dong ngetest...tinggal belinyah iniih :D tambahin donggg duitnyah :D

      Delete
  4. Allahuakbar! kalau terjadi cemana cemana gimana? Hahaha seru ya pas test drive apa lagi pas rem mendadak ituuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amanlah Buuuk insya allah. Cuma awak sport jantung aja waktu test drive hahaha.

      Delete
  5. Test drivenya bikin jantung copot :)

    ReplyDelete
  6. Kabarnya Omak Melalak teriak ya pas ngerem mendadak ituu. Aku dooong, nggak tereak *songong, kabor sebelum dikeplak Omak :)))

    ReplyDelete
  7. Udah pas banget nih buat mobil keluarga mak, apalagi didesain senyaman mungkin dan aman hingga didalam kabinnya seyap...cocok buat melamun dan merangkai kata ya heee

    ReplyDelete
  8. suatu kebanggaan bisa menjajal Xpander langsung di pabriknya!
    sebagaiblogger, ini jadi pengalaman tersendiri, apalagi bisa lihat lebih jauh proses perakitannya yang superkeren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung kali kita bisa nengok proses lahirnya baby-baby Xpander ini, yak.

      Delete
  9. Hahaha Mba Haya sampai yasinan karena test drive, pada hal seru dan bikin nagih menurut saya hehehe

    ReplyDelete
  10. Wow! 40 tahun. Bukan angka yang muda lagi. Sudah cukup perpengalaman dan banyak pengalaman, terlebih ini adalah produk Jepng pasti jaminan mutu. Mantap! ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ‘Œ

    ReplyDelete
  11. Around around lahi yok...
    Ngerasain duduk di jok mobil baru itu bikin ketagihan.

    ReplyDelete
  12. pas ngerem dalem dalem asyik ye mbak... tapi yang nikung tajem lebih asyik

    ReplyDelete
  13. Mobil bermesin monster kalo kata suamiku. Sebagai ex pembalap, dia prnh cerita mobil yg paling dia suka dr mobil2nya yg lama, mistsubishinya pas zaman kuliah.. Dibawa ngebut paling mantap :p.

    Sayang si xpander ini baru muncul skr stlh kita punya mobil. Ntrlah, kalo mobil skr udh hrs diganti, aku bakal milih mitsubishi utk yg baru

    ReplyDelete

Jadilah golongan orang-orang beruntung, yakni orang-orang yang komen sesudah membaca. #eaaakkk