Platform Carsome Indonesia Buat yang Pengin Jual Mobil Bekas dalam Waktu 24 Jam

Kawan CM udah pada melalak ke ICE BSD, Serpong, Tangerang Selatan baru-baru ini? Di sana sedang digelar Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2017 sampai tanggal 20 Agustus 2017. Awak udah hari Jumat kemarin yeyeye. Biasanya, kan, kalok ke GIIAS kita melihat-lihat pameran mobilnya kaaan. Nah, kali ini saya dan kawan-kawan blogger singgah di hall 2 E3 booth Carsome Indonesia. Kebetulan dua bulan lalu saya menjual mobil lama dan membeli yang baru yang lebih hemat bensin. Jadi, pengin dapat wawasan aja seputar hal ini.


Ada yang tahu Carsome Indonesia? Carsome Indonesia ini platform online jual mobil bekas 24 jam di website carsome.id. Perlu dicatat, HANYA mobil, tidak ada sepeda motor, vespa, dll.  Kehadirannya di Indonesia memang terhitung baru, yakni tahun 2016. Sebelumnya Carsome hadir di Malaysia, Singapura, dan Thailand. Maskotnya lucu! Pria berambut kribo, berkumis melintang, dan berperut buncit bernama Pak Samsul. Meskipun baru, bukan berarti Carsome Indonesia tak dapat diandalkan, yo. Terhitung April–Juli 2017 pengguna aktifnya mencapai angka 74.184 (77% pria) orang dengan 5.658 transaksi.

Lalu, apa perbedaan antara Carsome Indonesia dengan platform jual mobil bekas yang lain? Bedanya, semua data mobil kita bukan terpampang manjah dan nyatah semenah-menah di khalayak umum, melainkan disebar dalam sistem tertutup. Menurut Mbak Maria Fransisca, Asisten Marketing Manager of Carsome Indonesia, “Carsome Indonesia mengusung konsep C2B (customer to business). Nanti penjual berhadapan dengan dealer-dealer (bukan per orangan) yang udah terverifikasi.” Demikian, tak ada istilahnya itu kita jumpa sama pembeli jadi-jadian atau pembeli dari alam gaib. Insya Allah di Carsome Indonesia kita penjual terhindar dari pembeli nakal. Berikut tahap menjual mobil bekas di Carsome Indonesia.





1. Lengkapi informasi
Isi informasi awal mobil bekas yang akan kita jual di website carsome.id. Palingan mengisi kayak gini cuma 2 menit!

2. Inspeksi kendaraan
Kita akan dihubungi tim inspeksi berpengalaman Carsome Indonesia. Lokasi sementara cuma di sekitar Jabodetabek. Mudah-mudahan lokasi lain menyusul. Lokasinya kita yang pilih, tim inspeksi yang mendatangi. Pengin jumpa di rumah, di kantor, terserah. Sedapnyooo.

Inspeksi dilakukan di 16 titik di dalam mobil. Bukan cuma itu. Kelengkapan surat-surat jugak diperiksa. BPKB mobil harus ada. Surat-suratnya jelas dan resmi, bukan bodong, hasil curian, dll. Tim inspeksi Carsome Indonesia membantu menentukan berapa harga mobil kita cocoknya. Seperti yang udah saya sebutkan di atas, data komplet kondisi mobil kita disebarkan dalam sistem tertutup, hanya bisa dilihat oleh dealer.

3. Real time offer
Setelah data kita disebar dalam sistem tertutup, para dealer akan berlomba memberikan harga dan kita tinggal memantau. Ada sekitar 150 dealer terverifikasi yang bergabung dengan Carsome Indonesia. Mereka punya password untuk masuk. Lokasi dealer tak terbatas, bisa dari seluruh wilayah Indonesia. Menurut Mbak Maria lagi, rata-rata mobil yang laku adalah yang tipe keluarga a.k.a yang muat banyak penumpang dan hemat bensin. Selera awak kali ini haha. Jika cocok, proses transaksi antara penjual dan dealer didampingi oleh tim Carsome Indonesia.

4. Deal transaksi
Biasanya tak butuh waktu lama untuk menjual mobil di Carsome Indonesia. Pastinya tawaran terbaik yang akan dipilih oleh penjual. Berdasarkan info yang saya dapat, rata-rata penjual puas dengan sistem kerja Carsome Indonesia. Mulai inspeksi sampai urusan dokumen penjualan mobil, kita tak dimintai hepeng alias GRATIS! Carsome Indonesia mendapatkan benefit dari para dealer, bukan penjual.





            Kawan CM berencana menjual mobil bekas dalam waktu dekat? Mungkin ada yang udah berbulan-bulan pasang iklan, tapi belum berjodoh? Bolehlah mencoba peruntungan di Carsome Indonesia. :) [] Haya Aliya Zaki

16 Comments "Platform Carsome Indonesia Buat yang Pengin Jual Mobil Bekas dalam Waktu 24 Jam"

  1. Sodaraku udah sebulan jual mobil tapi belum laku. Aku rencananya mau mengenalkan Carsome ini ke sodaraku deh :)

    ReplyDelete
  2. Infonya lengkapppp aku share ke grup WA keluarga ah :D

    ReplyDelete
  3. Bener banget.. pembeli jadi2an, abis nawar trus ngilang, thanks infonya, langsung cuss ke buka carsome ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat ya pembeli jadi-jadian memang sakti, Mbak. Punya aji menghilang gitu. :))

      Delete
  4. jadi inget dulu jamannya orang jual mobil di iklasn baris... sekarang lebih praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya iklan baris di halaman koran paling belakang. Kecik-keciiik kali tulisannya.

      Delete
  5. Bener juga,klo jual mobil di sembarang tempat kadang nemu pembeli yg jadi-jadian ya...catat dulu ah, siapa tau nanti kalo mau jual mobil tinggal klik carsome duduk manis, Aman mobil langsung terjual ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Tinggal mantau penawaran harga dari dealer aja, Mas Teddy. :D

      Delete
  6. Maskotnya lucuu
    Jadi ini khusus mobil yaa omaaak...
    Sekarang makin gampang aja ya, tinggal cari uang kerja lebih giat lagi deh �� Buat beli lewat carsome

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa lucu kali maskotnya. Kumisnya bolak-balik hampir tanggal. :)) Semangat, Uciiig.

      Delete
  7. wah asyik ya, bsia ke sana, wah aplikasi ygs angat memudahkan orang jual mobil ya, drpd ditaruh di tepi jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha zaman dulu kayak gitu, ya. Mobil bekas yang dijual ditarok di tepi jalan.

      Delete
  8. lagi cari info wuling motors aku mbak, suamiku kepincut mobil dengan 3 sitters yang 4 kacanya bisa dibuka pakai remote

    Nah mobil yang lama bisa dijual di carsome yak, huhuhuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info Wuling Motors ada di postingan setelah ini, As. Mobil lama bisa dijual di Carsome. Bisaaa bisaaa. :D

      Delete

Jadilah golongan orang-orang beruntung, yakni orang-orang yang komen sesudah membaca. #eaaakkk