Tip Membeli Mobil Bekas

 Saya ingat betul zaman Abah masih pegawai kecil. Kami belum mampu membeli mobil baru, apalagi mobil berharga mentereng. Mobil bekas pun jadi solusi. Kenapa? Yaaa ... karena harganya lumayan murah. Surat-surat mobilnya langsung dapat, tak perlu menunggu lama seperti saat kita membeli mobil baru. Tingkat depresiasinya lebih rendah. Seandainya pun nanti mobil bekas kita jual lagi, harganya tak jatuh-jatuh kali, Kawan CM.

Saya memperhatikan, bukan main telitinya Abah sebelum membeli mobil bekas. Beliau melihat siapa driver mobilnya, mengecek kayak apa kondisi mobilnya, bertanya macam mana perawatan mobilnya, dst. Istilahnya teliti dahulu jangan sampai menyesal kemudian. Meski namanya ‘mobil bekas’ kalok ada masalah kita tak bisa sekadar berkilah, “Yah, begitulah mobil bekas. Jangan berharap banyak.” Konon pulak jika nyawa sampai terancam gara-gara salah membeli. Ha, maksudnya? Yok, mari kita lanjooottt.

Cocok sama tema talk show yang diangkat Mobil123.com kali ini, yakni bagaimana mobil bekas menjadi solusi kebutuhan hidup kita. Fyi, Mobil123.com ini portal otomotif nomor satu yang tepercaya, menghubungkan penjual dan pembeli kendaraan pada suatu automotive journey (membeli–memiliki–menjual kendaraan). Talk show yang berlangsung di The Hook Café and Resto (31/3), Jakarta, menghadirkan dua narsum Halomoan Fischer, Chief Operating Officer Mobil88, dan Pak Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia. Pada pengin tahu tip cerdas membeli mobil bekas, kan kan kan?


Talk show Mobil123.com
Halomoan Fischer, Chief Operating Officer Mobil88

Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing PT. Hyundai Mobil Indonesia

Pak Halomoan pastinya udah amat sangat berpengalaman di dunia jual beli mobil bekas, yo. Sekitar 10 tahun beliau bekerja di Mobil88 yang merupakan perusahaan ASTRA grup jual beli mobil bekas di Indonesia. Sekarang Mobil88 melayani melalui 21 cabang yang tersebar di 9 provinsi di seluruh Indonesia. Seperti yang udah saya sebutkan di atas, membeli mobil bekas lebih untung, tapi risikonya jugak ada. Berikut risiko-risikonya.

1. Mobil bermasalah dengan hukum
            Niatnya mau membeli mobil murah, eh, ternyata mobilnya bermasalah dengan hukum. Misal, terlibat pencurian, kasus pencucian uang, dll. Hati-hati!

2. Kerugian material
            Kita membeli mobil bekas dengan harga normal, padahal mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau terendam banjir. Suatu ketika kita yang tak tahu-menahu history kecelakaan dan history kebanjiran ini pengin menjual kembali mobil bekas yang pernah kita beli. Jika ketemu calon pembeli yang jeli, harga mobil kita bisa jatuh sampai 60%. 

3. Ancaman keselamatan
            Mobil yang pernah mengalami kecelakaan mungkin perubahan struktur utama mobilnya bisa kelihatan secara kasatmata. Apakah catnya belang atau bodi mobilnya penyok. Yang berbahaya itu jika fitur keselamatan seperti airbag, misalnya, tak berfungsi. Udah cakap urusan nyawa ini.

4. Tak bisa BBN (Bea Balik Nama)
            Biasanya kejadian pada mobil yang mengalami masalah hukum. Niatnya mau urus surat balik nama, eh, malah kitanya ikut diciduk polisi bah. Amit-amit jangan sampai, Gustiii.  

Ada yang suka mobil Korea? Hyundai salah satu merek yang mungkin klen kenal. Pak Hendrik mengatakan bahwa Hyundai memiliki used car centre bernama AutoSAFE. AutoSAFE ini berada di bawah naungan PT. Hyundai Mobil Indonesia. Di sini dipastikan mobil-mobil Hyundai bekas yang dijual adalah mobil yang aman, nyaman, dan harga jual terkontrol. Pengecekan dokumen dan pengecekan unit meliputi pengecekan bodi engine electrical semua dijamin sesuai standar. Hyundai sendiri memiliki 2 jenis warranty, yakni warranty 3 tahun dan warranty 5 tahun (pemakaian lebih kecil dari 150 ribu km). Jika terjadi sesuatu dalam masa warranty, kita bisa melakukan klaim di bengkel-bengkel resmi Hyundai. Prinsip AutoSAFE: Every Used Car is a New Car for Customer. Mantaaap!

  Tip singkat membeli mobil bekas dari Pak Halomoan adalah sbb: cari tahu siapa driver mobil bekas yang ingin kita beli. Semakin kita kenal driver-nya semakin bagus taiye. Periksa apakah struktur utama mobil masih baik atau tidak. Biasanya bagian dalam mobil yang bersih, nihil bau rokok, jok utuh, dst, menunjukkan bahwa keseluruhan mobil dirawat dengan apik (walaupun belum menjamin jugak). Minta buku servisnya. Cek surat-surat kendaraan ke Samsat apakah surat-suratnya diblokir atau tidak.  

Wefie sama bapak-bapak dari iCar Asia aheeey

Usah tengsin membeli mobil bekas jika memang butuh. Jangan salah, pembeli mobil bekas tak selamanya memiliki kantong ngepas. Biasanya mobil bekas laris manis jelang Hari Raya karena mau dipakai pulang kampung. Sekali lagi, hati-hati membeli mobil bekas. Sebaiknya beli mobil bekas di dealer tepercaya seperti Mobil88 dan AutoSAFE. Hindari membeli mobil bekas di showroom tak jelas. Perhatikan tip membeli mobil bekas dari dua narsum di atas. Benefitnya dapat, risikonya sebisa mungkin dihindari. [] Haya Aliya Zaki

6 Comments "Tip Membeli Mobil Bekas"

  1. Kak..mantap kali itu foto-foto sama paklek, ah gagal fokus awak. Btw setelah dengar penjelasan pak halomoan dan pak hendrik jadi referensi kalo mau beli mobil bekas sebaiknya kemana, setidaknya ada garansinya juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awak jugak baru tahu kalok beli mobil bekas ada garansinya, Kak. Lebih tenanglah, ya.

      Delete
  2. Wuihhh beli mobil bekas banyak benefitnya juga ya?
    Eh kesempatan emas itu bisa wefie sama CEO iCar Asia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kesempatan itu sepi sikit langsung awak sikat, eh, langsung minta wefie, maksudnya. :))

      Delete
  3. Iya kalau beli mobil bekas di showroom abal2 bisa2 dapet janji palsu dari pegawainya. Saya ngalamin soalnya CikGu, mobil yang dibeli Bapak saya harga sama kondisinya sangat jauh sekali dari yang digembar gemborin.


    Atulah jadi sedih kalo inget itu...
    Jadi sekarang kalo beli mending ke tempat2 yg udah verified bagusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Peh. Mending beli di tempat yang udah jelas aja. Kalok kayak gitu bingung jugak mau nuntutnya cemana.

      Delete

Jadilah golongan orang-orang beruntung, yakni orang-orang yang komen sesudah membaca. #eaaakkk