10 Tip Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum

Rasanya sekarang ini cukup mudah ya memiliki kendaraan pribadi, terutama sepeda motor (kalok kata orang Medan: kereta). Tinggal bayar DP ringan dan mencicil selama sekian bulan.

Sayangnya, untuk merawat kendaraan tak semudah yang dibayangkan, Kawan CM. Konon pulak yang namanya kaum hawa. Berhadapan dengan segala tetek bengek oli, busi, radiator, dll itu udah bikin kepala kami pening duluan. Bagus langsung dibawa ke bengkel aja. Nanti montir yang otak-atik. Saya tahu beres! Tapi, yang tak enaknya, kalok ada kejadian urgent di mana kita sedang tak bisa mengandalkan jasa montir, macam mana pulak? >.<

Nah, kali ini Mobil123.com mengadakan talk show bertema serba serbi merawat kendaraan, yakni Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum (25/4). Lokasi masih sama seperti lokasi talk show Mobil123.com sebelumnya, di The Hook Resto and Bar, Jakarta.

Mobil123.com ini portal otomotif nomor satu yang tepercaya, menghubungkan penjual dan pembeli kendaraan pada suatu automotive journey (membeli–memiliki–menjual kendaraan).

Acara Mobil123.com hari Selasa lalu bekerja sama dengan PT. Pertamina Lubricants. Mbak Intania Prionggo, Public Relation PT. Pertamina Lubricants, mengatakan, “Talk show ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Kartini. Talk show yang ditujukan terutama untuk kaum hawa. Soalnya, biasanya kaum hawa yang merasa ribet melakukan perawatan kendaraan.” Yaaay ... mudah-mudahan kita-kita jadi lebih tercerahkan setelah mengikuti talk show ini, yo.

Peserta talk show Mobil123.com

Menurut hemat saya, apa yang dipaparkan Pak Agung Prabowo, Technical Specialist Integrated Lubrication Management Academy PT. Pertamina Lubricants, bermanfaat sangat! Saya sebagai perempuan minimal tahu perawatan basic pada kendaraan. Berikut saya share 10 tip dasar merawat kendaraan dari Pak Agung.

1. Siap sedia tool kit
            Setiap minggu cek kelengkapan tool kit kita, minimal ada kunci busi dan obeng. Saya sering memperhatikan suami mengecek kotak tool kit yang awalnya bingung itu kotak isinya makhluk apaan setiap hari Minggu sore. Tujuannya untuk prepare selama seminggu ke depan. Kalok ada kejadian apa-apa, kita tinggal ambil peralatan dari kotak tool kit itu.  


Tool kit

2. Cek tekanan angin
            Tekanan angin harus dijaga. Ini berhubungan dengan umur oli mesin. Jika tekanan terlalu rendah, kecepatan kendaraan akan berkurang. Boros bahan bakar, Kawan CM! Jika tekanan terlalu tinggi, nanti keras keras cemana gitu. :p

3. Cek kondisi jok mobil
            Siapa yang merasa nyaman jok mobilnya jorok? Iiih! Saya pernah menumpang mobil kawan yang sela-sela jok mobilnya berselemak remah makanan. Alamak, awak sampai takut digigit semut. Secara awak sendiri udah manis yekan. Jadi, rutinlah membersihkan jok mobil, yo. 

4. Cek kebersihan body mobil
            Kawan CM bisa googling trik membersihkan body mobil yang ampuh. Kotor-kotor sikit bersihkan sendiri, tak perlulah bawa ke bengkel. Ada yang katanya membersihkan pakai sikat gigi, minyak kayu putih, dll. Boleh dicoba pakai vacuum cleaner jugak.

5. Cek kebersihan kaca
            Lebih kurang sama tipnya dengan tip membersihkan body mobil. Cek kotoran-kotoran yang berondok di balik sudut frame kaca. Cek kemungkinan kotoran berondok di tempat lain yang memungkinkan menyebabkan mobil jadi tergores nanti.

6. Cek fungsi lampu mobil
            Cek lampu depan, lampu belakang, lampu indikator, dan lampu kabin. Semua lampu yang berfungsi baik insya Allah kendaraan aman. Contoh, lampu indikator berfungsi memberi tahu kondisi oli mesin. Apa yang terjadi kalok lampu indikator rusak? Wassalam, kondisi oli mesin jadi tak terdeteksi. Padahal, oli mesin itu ‘darah’ kendaraan, katanya.

7. Cek oli mesin
            Seperti yang udah saya sebutkan di atas, oli mesin merupakan ‘darah’ kendaraan. Jangan sampai salah membeli oli mesin. Mesti cek rutin setiap ribuan kilometer (tergantung merek).

Agung Prabowo
Khusus motor, memanaskan mesin itu maksimal 2 menit. Terlalu lama memanaskan mesin dapat menyebabkan oli mesin mengental.

8. Cek air radiator
            Pastikan eksistensinya apakah ada kebocoran atau tidak. Kebocoran akan mempengaruhi kerja mesin.

9. Cek kondisi aki
            Aki berperan pada kondisi kelistrikan kendaraan. Aki yaaa bukan aki-aki. Sebagian besar bagian elektronik kendaraan kita tergantung pada kondisi aki. Cek rutin level indikatornya.

10. Cek keberadaan ban serep
            Ban serep wajib-jib-jib diperiksa karena kita tak tahu kondisi apa yang bakal menimpa kita di tengah jalan. Ban pecah saat tengah malam mana jalan lagi sepi pulak. Kita bisa langsung ganti sama ban serep yang kita bawa. Bayangkan kalok kita tak punya ban serep? Horor! Apa mau tahu-tahu dibantuin Hantu Jeruk Purut. 

            Talk show Mobil123.com semakin berwarna dengan kehadiran Mbak Ipoet Kusumonegoro, lady biker dan putri komedian legendaris Indro Warkop. Wah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Indro Warkop dikenal sebagai biker kondang. Mbak Ipoet mengikuti jejak ayahnya menjadi penyuka moge (motor gede). Padahal, jarang-jarang perempuan senang sama yang berbau-bau otomotif begini. Langka, tapi nyata euy.

Ipoet Kusumonegoro

            “Saya memperlakukan semua motor saya seperti saya memperlakukan pacar saya,” Mbak Ipoet membuka pembicaraan. Artinya, kendaraan haruslah disayang. Haram kasar-kasar sama kendaraan. Itu!

Mbak Ipoet kurang setuju sama anggapan perempuan gatot soal merawat kendaraan. Meskipun kita tak paham-paham betul soal mesin, minimal kita tahu apa yang rusak dan apa penyebabnya. Dengan begitu, kita jadi tahu cara merawat kendaraan. Ketika motornya sedang diperbaiki di bengkel, Ipoet tak serta merta melenggang kangkung meninggalkan motornya begitu aja. Sebelum melalak ke mana-mana perhatikan kebersihan kendaraan, isi tangki bensin, kesehatan mesin, dan kondisi ban.

Foto bersamaaa

Semoga tip di atas bermanfaat buat Kawan CM semua. Paling tidak jadi melek melek sikitlah ya soal merawat kendaraan. Kalok masih burem jugak, sila tanya ke suami atau pacar terdekat hihihi. [] Haya Aliya Zaki

11 Comments "10 Tip Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum"

  1. Kadang orang gak perhatiin toolskit nya. asal ada aja padahal udah karatan :( Terima kasih telah diingatkan Mba :)

    ReplyDelete
  2. iya nggak boleh kasar-kasar sama motor, nanti pas awak bawak nyebeng-nyebeng pulak dia saking gondoknya awak marahin :D

    ReplyDelete
  3. Kadang tekanan angin suka disepelekan ya? Padahal fatal banget kalo sampe kurang atau kelebihan.

    ReplyDelete
  4. Saya punya kereta, selalu sy rawab mbak. Saya sayaaang sekali sama kereta saya. Tiap hari ku mandikan. Setelah baca tulisan mbak, ternyata gak sampai disitu. Perawatan lainnya juga sangat penting. Terimakasih mbak tulisannya

    ReplyDelete
  5. Seperti badan ya mba merawat kendaraan itu. Perlu dijaga konsistensi agar tak cepat rusak.

    ReplyDelete
  6. Wah tipsnya bermanfaat bgtt mba semoga bisa lebih sayang sama kendaraan lg buat perempuan2 yg baca heheh

    ReplyDelete
  7. Setuju. Terima beres aja yah mak bawa ke bengkel dari pada pening hehe By the way, tips merawat kendaraannya bermanfaat, mak. 🤗

    ReplyDelete
  8. Iya kebanyakan perempuan memang lebih memilih bawa ke bengkel jika ada apa-apa, kalo kata teman saya "lebih aman serahkan pada ahlinya" :)

    Semoga tips ini banyak yang baca, supaya lebih melek untuk merawat kendaraan :)

    ReplyDelete
  9. sekarang memang perempuan harus tau, karna makin banyak yang memakai kendaraan sendiri. lebih menjaga kendaraan jadi bisa lebih awet

    ReplyDelete
  10. Tekanan angin harus berbanding lurus sama body pengendara . Jangan sampe terlalu kempes atau terlalu kencang.
    Oli juga kudu rajin diganti sesuai kilometer yang direkomendasikan.
    Perempuan sekarang kek nya lebih jago deh soal perawatan ya mak?

    ReplyDelete
  11. Dua bulan ini ban kanan mobil awak kena paku, jadi bocor halus. Kalau mau dicabut bisa langsung kempes. Karena malas ke bengkel ban, cuma tambah angin aja tiap ke Shell, hahah...
    Barulah kemarin pas perawatan berkala itu paku dicabut.
    Dari lis di atas, yang belum ada di mobil kayaknya tool kit itu. Lumayan juga untuk nakut-nakuti preman ya kan...

    ReplyDelete

Jadilah golongan orang-orang beruntung, yakni orang-orang yang komen sesudah membaca. #eaaakkk