Lagi Bikin Catatan Keuangan Bulanan? Jangan Lupa Intip ShopBack!


Wah, udah jelang akhir bulan lagi, Kawan CM. Haluuu ... cemana kabar dompet? Masih amankah? Kalok dengar cerita kawan, isi dompet udah pada mangap-mangap saat pertengahan bulan. Konon pula akhir bulan. Wassalam!
Saya pernah mengalami, terutama pas zaman kos-kosan. Entah berapa kali kejadian besar pasak daripada tiang. Tapi, setelah berumah tangga, tabiat kayak gini tak mungkin dipelihara. Kasihanlah suami dan anak-anak. Hidup saya sekarang bukan lagi tentang diri saya sendiri, melainkan jugak untuk seluruh anggota keluarga. *srooottt* *terharu gak klen*   
            Jelang akhir bulan, saya rutin melakukan beberapa hal. Mungkin bisa disebut semacam perencanaan keuangan bulanan sederhana ala ala saya.
1. Mencatat pengeluaran

            Eits, jangan salah. Meski pedih membacanya, catatan pengeluaran ini berguna sangat. Kita jadi tahu penghasilan kita paling banyak habis untuk apa. Ke depannya apakah bisa dihemat atau kayak mana. Biasanya pengeluaran saya yang paling super adalah belanja buah-buahan. Pasalnya, setahun belakangan ini suami pengin kami sekeluarga mengonsumsi banyak buah. Saya pikir, tak apalah keluar uang lebih. Tubuh yang sehat pun investasi kan? Saya pribadi menekan pengeluaran untuk belanja baju, jilbab, sepatu, tas, dan sejenisnya. Bantelah situ pakai terus yang ada sampai muak orang hahaha.   

2. Catat rencana keuangan bulan depan

            Nomor satu yang saya sisihkan: zakat. Takut aja kalok masih ada hak orang lain dalam penghasilan kita. Biar perasaan lempeng coy. Mudah-mudahan rezeki kita tambah berkah. Aamiin. Zakat ini saya masukkan ke kategori pengeluaran, tak apa-apa, ya. Padahal sejatinya zakat ini sebenarnya yang jadi "penghasilan" kita di akhirat nanti. Terus, lanjut sisihkan untuk bayar utang seandainya ada (tagihan kartu kredit, misalnya). Menyusul pos-pos untuk bayar listrik, telepon, SPP anak, asuransi, tabungan haji, tabungan darurat, tabungan jalan-jalan, dll. Oiya, saya punya cerita tentang memanfaatkan tabungan darurat. Waktu itu adik ipar kecelakaan. Kepalanya harus segera dioperasi dan biaya operasi cukup besar. Untung ada tabungan darurat kami. Alhamdulillah, Allah tahu kami belum butuh tabungan darurat itu. Jadi bisa dipakai anggota keluarga yang lain. Setelahnya, semangat menabung lagi! :) 
3.   Cari info promo belanja

            Sekarang saya prefer belanja online demi menghindari “lapar mata”. Soalnya saya tipe orang yang mudah tergoda kalok barangnya persis menclok (kakaktua kaliii menclok) di depan saya. Sementara, belanja online kan sebatas meraba-raba monitor aja. :))
Fyi, setiap sedang menulis daftar belanjaan bulanan, saya selalu mengintip situs cashback bernama ShopBack. ShopBack ini bukan e-commerce, melainkan “pintu” menuju beragam e-commerce kesayangan kita, yakni Tokopedia, BukaLapak, Lazada, Matahari Mall, Elevenia, eBay, AliExpress, Blibli, Groupon, Blanja.com, Orami, Tiket.com, Zalora, Muslimarket, Berrykitchen, VIP Plaza, UBER, dll. E-commerce ternama dan tepercaya semua, kaaan? No need to worry. Aman insya Allah.
Terus, apa bedanya belanja melalui ShopBack dengan belanja di e-commerce langsung? Begini, kalok belanja melalui ShopBack, kita bisa mendapat cashback hingga 30% yang akan ditransfer ke rekening kita. Cashback terisi paling lambat 48 jam setelah belanja. Bisa tanya-tanya admin via chat online seandainya saldo cashback klen belum masuk, jumlahnya tak sesuai, atau ada masalah lain. Adminnya siaga dan ramah. Selain itu, aneka promo berupa diskon, voucher, kode kupon dari e-commerce kesayangan tadi tetap bisa digabung.
ShopBack punya program “Hadiah Me & You” yaitu Ajak Teman dapat Rp25 ribu. Teman yang diajak ikut dapat Rp25 ribu. Gunakan link referal Shopback sendiri supaya dapat Rp25 ribu untuk setiap visitor yang mendaftar. Yok, tonton video di bawah ini untuk memahami cara kerja ShopBack.
 

         Tak harus melalui PC atau notebook, kini kita bisa belanja melalui ShopBack dengan bermodalkan ponsel. Langsung instal aplikasinya dari Google Play Store atau App Store. Pengguna aplikasi Shopback bakal dapat promo eksklusif. Fyi, loading aplikasinya cepat. Udah beberapa bulan saya belanja melalui aplikasi ini. Belum pernah sekali pun eror. 



Dan, salah satu trik saya berbelanja adalah memanfaatkan momen diskon. Contoh, sebentar lagi Imlek. Meski saya tidak merayakan Imlek, saya coba aja tengok-tengok promo Imlek tahun ini dari Shopback. ShopBack menjual segala kebutuhan mulai peralatan rumah tangga, popok, susu, gadget, sampai tiket pesawat. Siapa tahu barang yang saya butuhkan sedang masuk promo. Pernah kapan itu suami butuh ponsel, belinya nunggu momen diskon akhir tahun dulu hihihi.  
Nah, Kawan CM punya cara lain mengatur keuangan bulanan? Share yok! Siapa tahu saya dan kawan-kawan yang lain bisa belajar. Yang namanya omak-omak semua diurus. Bolehlah kita saling berbagi info di sini.   
Belanja cermat dan hemat? ShopBack-in aja! [] Haya Aliya Zaki

2 Comments "Lagi Bikin Catatan Keuangan Bulanan? Jangan Lupa Intip ShopBack!"

  1. Akhir bulan udah mangap mangap Mak, ya dompet, ya amplop amplop, celengan sampe ATM pun Udeh pada mangap..Kembali ke recehan dah..

    ReplyDelete

Jadilah golongan orang-orang beruntung, yakni orang-orang yang komen sesudah membaca. #eaaakkk