Kenapa Fasilitas Live Chat Penting Bagi Perusahaan?


            “Makanya, cakaplah, supaya tak salah paham!”
            Kalimat ini udah ada sejak zaman purbakala, Kawan CM. Maksudnya, jangan menyimpan apa-apa sendiri. Kalok belum tahu, tanya atau bicara. Setop menduga-duga apalagi berprasangka. Nanti malah salah. Jatohnya dosa pulak. Betul? *benerin kerudung instan zaskia mecca*
            Sekarang ini cakap-cakap bisa melalui media apa aja, baik media sosial atau aplikasi. Aplikasi chat yang paling sering saya pakai tentulaaah … WhatsApp! :)) Meski begitu, saya bukan orang yang terlalu suka berkombur tak jelas haluan. Berkombur itu memang sor rasanya, tapi tahu-tahu awak nangis karena waktu terbuang percuma. Grup chat saya yang aktif cuma grup chat anak sekolah dan kerjaan. 
             Menurut hemat saya, perusahaan yang membuka layanan live chat (terutama yang 24 jam) adalah perusahaan yang benar-benar memperhatikan pedih perih konsumen. Fyi, live chat lebih menguntungkan daripada call center karena saat live chat kita bisa nyambi kerjaan yang lain. Saya pernah komplain via chat ke situs online shop pukul 11 malam dan DIBALAS! Balasannya baik sangat. Emejing! Janji pun terpatri dalam hati *tsaah* bahwa saya akan jadi konsumen setia mereka. :) 
         Udah cukup banyak penelitian yang menyebutkan bahwa live chat meningkatkan penjualan perusahaan. Salah satunya studi ATG Global Consumer Trend yang menemukan bahwa 90% dari konsumen menganggap bahwa live chat membantu mereka selama proses pembelian berlangsung. Ada jugak survei emarketer.com yang menemukan bahwa 63% lebih konsumen mungkin bakal balik lagi ke situs yang memiliki fasilitas live chat. NAH!  
iCar Asia Limited (ASX: ICQ), pemilik jaringan portal otomotif nomor 1 di ASEAN, tampaknya merasakan hal yang sama. Baru-baru ini mereka merayakan keberhasilan platform komunikasi baru di Indonesia untuk bisnis Mobil123.com. Hanya seminggu sejak diluncurkan, platform tersebut telah mendapatkan tingkat adopsi yang kuat dari ribuan penjual dan pembeli, di mana mereka berkomunikasi menggunakan teknologi LIVE CHAT!
iCar Asia jugak meluncurkan aplikasi untuk dealer mobil. Aplikasi dealer khusus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan dealer mobil. Fyi, aplikasi dealer terpisah dari aplikasi konsumen. Chat merupakan fitur kunci aplikasi dealer. Dealer mobil dapat mengelola lead, menyimpan informasi serta pertanyaan dari konsumen, dan semua percakapan di satu tempat secara efektif. Selain itu, dealer dapat berbagi foto dan lokasi. Beberapa fitur telah diintegrasikan ke dalam aplikasi sehingga memudahkan dealer mengelola akun, membuat iklan, dan mengelola iklan. Lebih dari 2,1 juta orang pengguna aktif per bulan di Mobil123.com, diharapkan pengguna fasilitas chat ini akan tumbuh secara eksponensial dalam beberapa minggu mendatang. Kawan CM udah bisa instal aplikasi Mobil123.com di Google Play Store atau Apple App Store. iCar Asia berencana untuk meluncurkan fungsi chat dan aplikasi dealer di Malaysia dan Thailand dua bulan lagi.

Aplikasi Mobil123.com

Dengan peluncuran baru ini maka saluran desktop, mobile, dan aplikasi dealer serta aplikasi konsumen telah memiliki layanan chat yang terhubung di semua platform. Paten! Pastinya jadi pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna, yo.
 “Sekitar 135 juta orang connected melalui aplikasi chat di Thailand, Malaysia, dan Indonesia, dengan 79 juta sendiri ada di Indonesia,” kata iCar Asia CEO, Hamish Stone. Wow, gedenya jumlah di Indonesia! :)) Dengan menjadi digital otomotif marketplace pertama yang memberikan ini di kawasan ASEAN, posisi kepemimpinan pasar semakin kuat, demikian pula nilai yang diberikan kepada penjual dan pembeli.

Hamish Stone

Stone menambahkan, “Sebagai bagian dari pengembangan aplikasi, kami meningkatkan kemudahan proses pemasangan iklan. Dealer bisa membuat iklan hanya dalam waktu beberapa menit, dengan atau tanpa koneksi internet. Kami berharap kemitraan bisnis Mobil123.com dengan dealer semakin erat.”
Semoga ke depannya semakin banyak inovasi. Sebagai konsumen, saya dan Kawan CM senang nian. Tuh, penting, kan, fasilitas live chat buat perusahaan? Kalok komunikasi efektif, proses jual beli tambah lancar. Klen punya pengalaman seputar live chat dengan perusahaan? Yok, share di sini! :) [] Haya Aliya Zaki

4 Comments "Kenapa Fasilitas Live Chat Penting Bagi Perusahaan?"

  1. Menarik banget dan sangat menguntingkan adanya live chat. Bei mobil tinggal chit chat nanya spesifikasi yang sesuai budget dan selera

    ReplyDelete
  2. Ya ampun fasilitas ini benar2 membantu, kalo tanya2 soal mobil gak perlu tatap muka, apa lagi kalo lagi nyari mobil2 budget seken wkwkwkk leluasa dan interaktif :)

    ReplyDelete
  3. Live chat emang menyenangkan, jd ga perlu nulis2 email ke CS-nya ya :)

    ReplyDelete
  4. memang sangat penting live chat.

    untuk yang mau bikin online shop sebaiknya diperhatikan

    ReplyDelete

Jadilah golongan orang-orang beruntung, yakni orang-orang yang komen sesudah membaca. #eaaakkk