9 Kuliner Khas Garut yang Wajib Dicoba Selain Dodol

Selama ini kalo kalok klen mendengar nama kota yang satu ini pasti yang kebayang di kepala klen adalah: DODOL.

Kota apakah itu?

Yak, Kota Garut! Mayoritas orang yang saya tanya memang mengatakan “dodol”. Sudah sedemikian legendarisnya julukan Kota Dodol disematkan ke Garut, Kawan CM.

Selain Kota Dodol, Garut memiliki julukan lain, yaitu Switzerland Van Java. Julukan tersebut diberikan karena Garut merupakan penghasil cokelat di Pulau Jawa. Kota yang pernah disinggahi aktor Charlie Chaplin ini juga dikenal sebagai penghasil domba terbaik. Wisata alamnya? Jangan ditanya, banyak kali dan paten semua! Klen mau nyium harumnya bunga edelweiss? Haelah, di Garut ada! Satu lagi, tempat romantis seperti Kampung Sampireun pulak eksis di Garut. Kawan CM yang mau pesan hotel atau penginapan di Garut bisa lewat Traveloka. Tanah sunda memang kaya. Awak yang orang Medan ini pun mengakui. :)) Tinggal kek mana kita anak bangsa (((ANAK BANGSA))) ini mau merawatnya. Haseeek.

Berkunjung ke Garut past tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Jika selama ini dodol adalah kuliner khas Garut yang kita tahu, berikut saya gelar kuliner lain khas Garut yang wajib kalian coba. Simak, ya!

1.  Baso aci
Baso aci terbuat dari aci, disajikan dengan bumbu dan kuah. Sebelum menyantap, rebus terlebih dahulu supaya lebih nikmat.

2. Moring garutan
Moring ini camilan yang tersedia dalam berbagai macam rasa seperti pedas, keju, barbekyu, dan lain-lain. Cocoklah buat kawan duduk berleha-leha.

3. Burayot
Burayot terbuat dari beras merah, kacang merah, dan gula merah. Burayot mudah dijumpai di toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Garut.

Burayot (credit: katasaya.com)

4. Dorokdok
Dorokdok itu kerupuk kulit dari kulit sapi, kemudian diolah dengan campuran bumbu rempah istimewa. Cara membedakan dorokdok dengan kerupuk kulit biasa cukup mudah karena langsung terlihat dari warnanya. Warna dorokdok lebih hitam dan rasanya juga gurih!

5. Opak bungbulang
Camilan ini sudah lumayan hits karena rasanya dan renyah di mulut. Nama “bungbulang” sendiri diambil dari nama sebuah kecamatan di Garut yang populer oleh batu akik dan pantainya (Pantai Ranca Buaya). Unik, opak bungbulang dimasak dengan cara dibakar di perapian. Aroma asap masih terhirup ketika opak akan dimakan.

Opak bungbulang (credit: JelajahGarut.com)

6. Ladu Malangbong
Ladu malangbong terbuat dari beras ketan. Jajanan ini diperkenalkan oleh masyarakat Malangbong, Garut. Mari kita coba keunikan rasanya!

Ladu malangbong (credit: JelajahGarut.com)

7. Soto Garut
Soto Garut sebenarnya tidak jauh beda dengan soto ayam pada umumnya. Tapi, biasanya soto Garut itu pakai nasi dicampur suwiran ayam, potongan telur, kecambah, bawang goreng, dan kuah yang gurih.

8. Es Goyobod
Jika klen berkunjung ke alun-alun Kota Garut, jangan lupa mencicipi es goyobod. Minuman ini terbuat dari tepung kanji. Penyajiannya dicampur dengan sirup, avokad, dan agar-agar. Menikmati es goyobod di siang hari? Segaaarrr!

9. Chocodot
Chocodot adalah cokelat isi dodol yang tidak bisa dilepaskan dari warisan kuliner khas Garut. Salah satu oleh-oleh yang paling dicari wisatawan saat ke Garut.


Nah, itu dia 9 kuliner khas Garut selain dodol. Betul, kan, Garut itu kaya? Alamnya indah, kulinernya juga banyak. Acem, sor klen? Ayo, melalak ke Garut! []

31 Comments "9 Kuliner Khas Garut yang Wajib Dicoba Selain Dodol"

  1. Aku pernah kegarutttt makanan sunda enyak2 yak. Cuma aku jadi pwngen serabinya tea kalau pagi serabi oncom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku takut makan oncom sejak kasus tempe bongkrek. :)) Tapi memang enak-enak ya makanan Sunda ini. :D

      Delete
  2. Kalau denger kata malangbong jadi inget mulan jameela xD
    Aku malah pengen serabi oncom kalau pagi itu loh mba. Pas ke garut pasti makan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku puuun, surabi oncom panas2 adanya kalau pagi, serebu doang. Beli 5 rebu udah kenyaaaang. Nyummm.

      Delete
    2. Ini Echa kayaknya gara-gara mantengin akun Lambe Turah nih hahaha.

      Delete
  3. Saya lihatnya Burayot kayak pangsit mbak :D penasaran sama rasanya.

    ReplyDelete
  4. Olala, enak-enak. Saya sudah nyoba semua, Mbak Haya. Kecuali ladu Malangbong (eh, berarti belum dicoba semua kali ya hehe..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kereeen! Berarti rajin kulineran nih Mbak. :D

      Delete
  5. Burayot mah baru dengeeer, wkwkwk. Iiiih namanya kok burayot, kesannya adduuuuh. Kalau chocodot lucu, kata-katanya bikin ngakak sendiri Mbak, kalau udah di depan chocodot di toko oleh-oleh. Oya chocodot juga udah ada yang mirip kayak permen harry potter, ada jebakan batmannya...isi cabe, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kesannya kenapaah? :)) Mungkin karena kurang familiar, ya. Makasih info tambahan chocodotnya. :D

      Delete
  6. Waduh kudet, tahunya dodol sama cokodot aja. Ternyata banyak juga yang lainnya.

    ReplyDelete
  7. Oalah baso aci tuh ternyata asalnya Garut toh ya ... Dulu pernah pesen di Bandung, ternyata jg pake ceker ya huehehe ..

    ReplyDelete
  8. aku taunya cuma dodol dan malangbong yang jadi terkenal gegara mj.

    ReplyDelete
  9. Ah ini mah memang enak semua. Jangan lupa mampir ke RM Asep Strawberry juga kalau mau ke Garut. Pangling sama blognya mbak Haya. Ternyata udah lama saya gak mampir sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip sip makasih info tambahannya, Mbak Anne. Tampilan blognya memang baru diubah. Mudah-mudahan Oktober pas 1 tahun ini bisa loncing.

      Delete
  10. Cuma chocodot aja yang pernah makan, lainnya belum pernah. Aneh-aneh juga ya namanya :)

    ReplyDelete
  11. Alamak, ternyata banyak kali ya makanan khas Garut. Selama ini tahunya cuma dodol aja. Kalo ada sembilan, berarti yang sembilan ini semuanya belum pernah awak cobain nih. Lha, tahunya cuma dodol sih. Kayanya soto Garut sama es Boroyod itu layak dicoba duluan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa dicoba kalok singgah di Garut. :D

      Delete
  12. penasaran pengen ngerasain nikmatnya Opak bungbulang :)

    ReplyDelete
  13. Namanya kok ya lucu-lucu semua ya... Kalau ke Bogor, aku ditraktir ini semua kan Mbak? :D

    ReplyDelete
  14. Aku belum lama ada di tanah Sunda, hehehe. Beberapa jenis makanan langsung cocok, ada juga yang belum nyambung ke lidah Jawaku, hehee

    ReplyDelete
  15. Iiih aku jadi ngiler baca postingan mbak hayaaa hehehe..

    Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  16. Untung gak semua dipake gambarnya. Kalau gak bisa mati kelaparan nih,,,hehe

    ReplyDelete
  17. saya suka dengan cara mbak meyampaikan smua info di blog ini. bnar2 enak di baca

    ReplyDelete

Jadilah golongan orang-orang beruntung, yakni orang-orang yang komen sesudah membaca. #eaaakkk