Merawat Pakaian Hitam Ternyata Sangat Mudah

Adakah Kawan CM yang kalok melalak sukaknya pakek pakaian warna hitam? Saya salah satunya. Saya juga menandai (kutandai klen ya haha!) tiga kawan saya yang hobi pakek pakaian hitam, yakni Bemzky Yeye, Echaimutenan, dan Mbak Neng Lita. Pandai kali orang tu nge-mix dan match pakaian hitam. Kadang-kadang awak keten, pengin nyontek gayanya gitu.   

Malam-malam ke kawinan pakek gamis hitam

Kenapa orang-orang sukak pake pakaian hitam? So pastilah karena warna hitam tidak mudah dekil. Selain itu, warna hitam juga membuat tubuh terkesan ramping. Huhuy!

Meski pakaian warna hitam tak nampak dekil, nyatanya kita harus telaten merawat agar warnanya tidak cepat pudar. Jangan khawatir, merawat pakaian berwarna hitam itu sangat mudah. Lakukan beberapa hal ini.

1. Pakaian jangan terlalu sering dicuci
Semakin sering dicuci, warna pakaian hitam semakin cepat pudar. Jika hanya dipakek sebentar dan tidak berkeringat, sebaiknya pakaian hitam digantung dan diangin-anginkan di tempat teduh. Setelah itu, pakaian hitam siap digunakan lagi pada kesempatan lainnya.

2. Pisahkan dengan pakaian warna lain
Pakaian hitam kerap dianggap sebagai biang keladi penyebab luntur. (((BIANG KELADI))) Padahal, pakaian hitam juga bisa terpengaruh dengan warna pakaian lain. Serat-serat pakaian berwarna lain bisa menempel pada pakaian hitam dan membuat kilau hitam pakaian kesayangan kita memudar.

3. Tak perlu menuang banyak detergen
Detergen mengandung sulfur dan zat kimia lainnya yang berisiko merusak warna hitam pada pakaian. Demi mencegah memudarnya warna pakaian, gunakan detergen secukupnya saja. Tidak perlu menghasilkan terlalu banyak busa untuk memastikan kalau pakaian kita sudah benar-benar bersih.

4. Gunakan air dingin setiap kali mencuci
Ada yang udah tahu belum kalau air hangat dapat membuat warna pakaian hitam kusam? Nah! Sementara itu, air dingin justru mampu mempertahankan tekstur dan warna pakaian.

5. Jemur pakaian hitam di tempat teduh
Air hangat aja bisa merusak pakaian hitam, apalagi sinar matahari yang berlebihan ya, kan? Sinar matahari yang berlebihan berisiko membuat pakaian hitam berubah warna jadi kusam dalam beberapa kali pencucian. Untuk menghindarinya, jemurlah pakaian hitam di tempat teduh. Jangan lupa, balik pakaian sebelum dijemur supaya bagian dalam pakaian terkena sinar matahari sedangkan bagian luarnya terlindungi.


Jika Kawan CM masih butuh pakaian hitam, siapkan waktu senggang untuk mengakses MatahariMall. Selain memiliki koleksi baju gamis anak, koleksi baju untuk pria dan wanita di MatahariMall juga tak kalah lengkap. Seluruh anggota keluarga bisa menikmati waktu senggang bersama sembari berbelanja online di MatahariMall. Praktis dan menyenangkan! []

25 Comments "Merawat Pakaian Hitam Ternyata Sangat Mudah"

  1. Melalak itu apa, Mak? Bahasa Medan kah? Aku baru tau.
    Iya, warna Hitam gampang pudar dan ternyata sebabnya Itu toh.
    Makasih tipsnya, Mak Haya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melalak itu bahasa Medan artinya jalan-jalan kelayapan. :)) Sama-sama, kembali kasih. :)

      Delete
  2. samalah awak pun sekarang sukak kali pake hitam..
    rasanya jadi lebih kinclong he..he..

    ReplyDelete
  3. Wow, baju baru Cerita Melalak ini makin kece aja, lho! Suka dengan headernya. :)

    Aku juga sukak pake baju/gaun hitam, terkesan simple but elegan. Etapi, merawatnya itu terkadang susah, tapi dengan tips ini, jadi pengen nambah koleksi baju item ah! Thanks for the tips, ya, dek Haya. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Alaika pasti cantik pakek pakaian hitam. Macam orang Arab. :)

      Delete
  4. Wah makasih tipsnya Mbak. Ada beberapa yang belum aku tau.

    Btw, aku suka banget dengan gamis dan kerudung hitam. Elegant gitu loh kesannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat ke kawinan malam-malam cocok ya, Mbak.

      Delete
  5. Klo bahannya katun - katun lama2 jadi butek warnanya. Makanya aku suka beli yg licin - licin gitu mba Haya. Berpuluh tahun masih cakepppppp deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang licin semacam satin gitu bahannya ya Ros? Tapi kalok Ros yang pake, apa aja jadi bagus hag hag hag.

      Delete
  6. Kalo ngebaca pakaian hitam kudu dijemur di tempat yang teduh, trus keinget matpel Tata Busana jaman SMP hihihi. Masih ada nggak ya matpel itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah gak tahu ada matpel itu. :))))

      Delete
  7. Aku jg suka banget baju item cikgu berasa langsing aja san elegan tp klo jilbab item dr dulu aku ga berani pake. Rasanha kaya gelap gulita wajahku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kulitmu kan putih, Mun. Kok gelap gulita. Gelap gulita itu PLN di Medan. >.<

      Delete
  8. wuih design webnya kekinian lho

    ReplyDelete
  9. wah,kebetulan saya pecinta baju hitam...sip,makasih tipnya Mak Haya^^

    ReplyDelete
  10. benar banget Mba Haya, pakaian hitam sering kali dituduh sebagai penyebab luntur pakaian lain, padahal kan warna hitam juga mudah terkontaminasi warna pakaian lain yah?

    dulu adik saya suka banget pake kaos hitam. hampir semua kaosnya warna hitam dan mama saya melakukan semua hal yang Mba Haya tuliskan di atas, jadinya kaos adik saya warnanya tetap terjaga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, aku baru tahu Mbak kalo mencuci pakaian hitam harus dipisahkan dengan pakaian warna lain. Selama ini kirain warna hitam asyik asyik aja gak terkontaminasi warna lain. :))))

      Delete
  11. Aku suka baju monokrom, Madam! Sampai dulu pernah jualan online shop temanya monochrome style *jieee dan baru tau kalau cucinya harus dipisah. Jadi selama ini... ( ._.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadiii selama ini kamu ... selingkuh?! Eh, salah, itu adegan sinetron, ya. :p

      Delete
  12. Hahaha ... Duh, aku baru tau yg nomor 5 ... Demennya langsung cari yg terang2 benderang matahari utk jemur :D

    ReplyDelete
  13. memang susah-susah gampang menguruh baju hitam. Saya banyaknya ungu tua mba :)

    ReplyDelete

Jadilah golongan orang-orang beruntung, yakni orang-orang yang komen sesudah membaca. #eaaakkk