Etika Penggunaan Smartphone dalam Kehidupan Sosial

Kehidupan sosial saat ini sudah mengalami banyak perubahan. Bukan cuma soal komunikasi yang terasa lebih hangat dan santai, tapi juga soal beragam kebiasaan hidup lainnya. Rupanya perkembangan teknologi ikut membawa pengaruh bagi kehidupan sosial, termasuk penggunaan smartphone.

Percuma memiliki satu dari sekian banyak koleksi smartphone terbaik dari MatahariMall kalau ternyata kita tidak tahu etika penggunaannya. Jika kita sudah punya smartphone terbaik dari toko online tepercaya tersebut, sebaiknya kita juga memahami dan menerapkan etika ini pada diri sendiri.

Aktifkan mode getar
Mode getar sebaiknya diaktifkan jika kita sedang rapat, hangout, reuni, atau kumpul sama keluarga. Mode getar membuat kita tidak perlu menggenggam smartphone terus-menerus. Setiap notifikasi yang masuk ditandai dengan getaran. Kelihatannya lebih sopan di mata orang lain daripada kita tampak menggenggam smartphone setiap saat.

Hormati keberadaan orang lain
Nah, catet, nih! Ketika orang lain sedang berbicara kepada kita, usahakan fokus dan tidak sibuk sendiri dengan smartphone. Selesaikan pembicaraan dengan baik sebelum memegang dan mulai menggunakan smartphone. Mata yang melalak ke mana-mana, terutama ke layar smartphone, ketika orang lain sedang mengajak kita berbicara adalah hal yang tidak sopan.

Bah, kalau ini, sih, Mba Zata dan Yeye lagi live tweet!

Memilih nada dering smartphone
Rasanya memilih nada dering smartphone memang hak asasi setiap pengguna. Betul apa betul? Namun … namuuun … akan jauh lebih baik jika kita menggunakan nada dering klasik yang tidak terlalu bising. Konon pula nada deringnya lagu cabe-cabean. Hadeuh! Selain tidak membuat orang lain terganggu, nada dering klasik juga memberikan kesan elegan. Orang-orang urung menatap kita sambil mengernyit alis ketika smartphone kita sedang berdering.

Gestur tubuh saat sedang menelepon
Jangan lupa minta izin dengan orang-orang yang sedang bersama kita jika ingin menelepon. Jawab panggilan telepon dengan suara pelan. Usahakan tidak menatap mata orang lain selama menelepon. Menatap mata orang lain bisa mengisyaratkan bahwa kita sedang sip margosip membicarakan orang tersebut. Kita enggak mau, kan, ada salah persepsi hanya karena gestur yang keliru saat menelepon?

Kawan CM pengguna smartphone pastinya memiliki pribadi yang cerdas dan menjunjung tinggi etika. Jangan biarkan penggunaan smartphone malah membuat kita terkesan kurang menghargai orang lain. Oke? Oke? Yuuuk! []

14 Comments "Etika Penggunaan Smartphone dalam Kehidupan Sosial"

  1. Wah wah wah....modelnya dpt royalti nih hehehe.

    ReplyDelete
  2. Iyahh. Suka gemes klo di acara ada yg angkat telp dgn suara kenceng. Zzz...

    Modelnya kece kali.. haha..

    ReplyDelete
  3. Setuju mba, etika menggunakan telepon pintar memang perlu banget, karena salah2 bisa dianggap 'nyuekin' pembicara atau org lain yg sdg bicara dng kita..

    ReplyDelete
  4. Ini sederhana tapi emang penting banget...

    ReplyDelete
  5. Pengalaman, ada jamaah di masjid hpnya gak digetar trus ringtone-nya es lilin... heuheu

    ReplyDelete
  6. Paling sebel klo ditengah2 ngajar ada mahasiswa yg hapenya bunyi padahal pas kontrak kuliah aku udah blg no phone allowed during the class

    ReplyDelete
  7. betul betul betul, kadang gemes juga, ketika diajak ngobrol, malah matanya menuju ke smartphone...hiks,

    ReplyDelete
  8. Setuju kakak.. Aku suka mls klo lg ngobrol, trs lawan bicara sibuk liat hape.

    Btw, aku minta bayaran lah krn muka ku tampak di blog kece ini. Ga pake uang gpp, pocer MAP nya aja sini #tetepMintaPocer hahahahahaha

    ReplyDelete
  9. Duuh aku gemes banget nih kalo liat orang yang nggak bisa lepas dari hape sampai makan ato ke kamar mandi pun masih harus lihat hape. Gemes aja bawaannya soalnya kalo diajak ngomong jadi suka ngga nyambung.

    ReplyDelete
  10. Hihi...yang terakhir tu nggak kepikiran banget. Meski g bermaksud ngegibahin orang itu, tapi kalo pas pandangannya liar ke muka orang , bahaya juga ya :) Semoga dia maklum

    ReplyDelete
  11. wkwkkw ngebayangin pas hape bunyi ternyata lagunya cabe-cabean :D

    ReplyDelete
  12. ponselnya smart tapi kitanya gak smart percuma ya mbak

    ReplyDelete

Jadilah golongan orang-orang beruntung, yakni orang-orang yang komen sesudah membaca. #eaaakkk